“INTEL Sandy Bridge Vs AMD Bulldozer” The New Generation Processor!

Nampaknya pertarungan kedua pabrikan prosesor ini yaitu INTEL dan AMD akan menambah panjang sejarahnya dalam menciptakan prosesor hebat! Mengapa demikian? kedua pabrikan ini kabarnya akan segera memproduksi prosesor terbaru mereka yg masing masing berkode nama Sandy Bridge dari INTEL dan Bulldozer dari AMD. Kedua prosesor generasi ke 11 tersebut kabarnya juga akan memiliki fitur baru yaitu SSE5/AVX dan highly modular design.

 

 

 

INTEL Sandy Bridge

seperti yang dilansir techno.okezone.com:

Intel menegaskan bahwa perusahaannya akan meluncurkan prosesor berkode nama Sandy Bridge di Consumer Electronics Show pada 5 Januari 2011 mendatang.

Menurut undangan yang beredar, Manager Intel PC Client Grup Mooly Eden akan memamerkan prosesor baru tersebut sebagai prosesor tercepat di dunia di CES. Prosesor baru ini diharapkan dapat menggantikan Nehalem yang saat ini digunakan di Apple iMac Core i7 serta i5 dan MacBook Pro.

“Chip desktop akan berkisar dari dual Core 2,5 GHz i3s untuk quad 3,4 GHz Core notebook i7s Reguler akan mendapatkan 2.5GHz hingga 2.7GHz, Core i7 serta i5 pada 2011,” sebut sumber lain di Intel, seperti dilansir Digitimes, Selasa (16/11/2010).

Sandy Bridge sendiri mendapatkan tempat yang istimewa, bahkan CEO Intel Paul Otellini mengatakan dia lebih bersemangat oleh Sandy Bridge dibandingkan produk yang perusahaannyaluncurkan “dalam beberapa tahun belakangan.

“Karena penerimaan yang sangat kuat Sandy Bridge, kita telah mempercepat jalan pabrik 32-nanometer kita,” lanjut Otellini.

Pada saat itu, Intel diharapkan untuk melepaskan prosesor pada akhir tahun ini, dengan Apple kemudian memasukkan mereka ke dalam lineup Mac di awal tahun 2011. Pada tahun 2009, Apple adalah pembuat PC pertama untuk merilis sistem berbasis Nehalem.

Sfesifikasi

  • ukuran Silicon mati untuk prosesor quad-core akan mencapai sekitar 225 mm ².
  • Prosesor fitur seperti Hyper-Threading TechnologyTurbo Boost Technology , serta beberapa jumlah cache, akan dinonaktifkan pada beberapa model untuk membedakan produk antara segmen pasar yang berbeda, seperti saat-Westmere prosesor generasi i-series Nehalem Core.
  • Pengolahan core akan menampilkan Teknologi Hyper-Threading di mainstream prosesor dual core dan quad core akhir-prosesor yang lebih tinggi.
  • clock speed Standar peringkat 2,3 GHz [7] untuk 3,4 GHz untuk varian desktop, dan 2,2 GHz menjadi 2,7 GHz untuk varian mobile. [8]
  • Sampai dengan kecepatan clock 3,8 GHz dapat dicapai dengan Turbo Boost Technology diaktifkan, maksimal turbo tergantung pada model CPU.
  • 64KB L1 cache / inti (32 KB L1 data + 32 KB L1 Instruksi, 3 jam).
  • Semua model prosesor akan memiliki 256KB L2 cache / inti (8 jam). [9]
  • Sampai dengan 8 MB shared cache L3 (25 jam) pada bus cincin. Cache L3 ini akan dibagi dengan inti grafis terintegrasi.
  • 64-byte cache lebar baris.
  • Decoded cache mikro-op dan diperbesar, prediktor cabang dioptimalkan.
  • Peningkatan memory controller dengan maksimum 25,6 GB / s bandwidth mendukung DDR3-1600 RAM dual channel dan dua load / store operasi per siklus.
  • 256 bit / siklus bandwidth bus Ring. Bus cincin menghubungkan core.
  • Thermal Design Power (TDP) dari produk yang dinilai antara 35-95W untuk varian desktop, dan 35-55W untuk varian mobile.
  • Inti grafis terintegrasi berjalan pada 650 MHz ke 850 MHz. Dengan Turbo Boost Technology diaktifkan, dapat mencapai hingga kecepatan clock 1350 MHz untuk varian desktop dan sampai 1300 MHz clock speed untuk varian mobile.
  • Dual-core dan prosesor quad-core akan tersedia pada saat peluncuran, dengan enam-core dan-core prosesor delapan direncanakan untuk masa mendatang. [10]
  • Legacy x87 kinerja puncak (tanpa SSE ): 8 DP GFLOPS / inti (2 DP FP / jam), 32 DP GFLOPS per prosesor.
  • Teoritis kinerja puncak (dengan AVX ): 32 DP GFLOPS / inti (8 DP FP / jam), 128 DP GFLOPS / prosesor.
  • Peningkatan kinerja untuk matematika transendental , enkripsi AES, dan SHA-1 hashing.

Pre-launch speculation anticipates:

  • Meningkatkan kinerja tanpa meningkatkan ukuran inti.
  • Dynamic Turbo akan memungkinkan kekuatan CPU untuk melebihi TDP nilai ketika seluruh platform relatif sejuk. Keuntungan frekuensi bisa sampai 37% selama satu menit dan akan lebih dari 20% dalam banyak kasus.
  • Sandy Bridge akan dirilis untuk segmen mobile, dan dipasarkan menjadi dua baris CPU.

Sandy Bridge versi mobile diharapkan akan dirilis pada waktu yang sama sebagai mikroarsitektur tersebut. [13] Platform chipset ‘sNorthbridge disebut sebagai ‘Sandy Bridge Sistem Agen’ daripada ‘KIA’. [14] ini CPU akan berada di Sungai mobile platform Huron, juga akan dirilis di Q1 2011. rujukan? ]

Sebuah preview dari sebuah prosesor Jembatan Sandy ditunjukkan di musim gugur 2009 Intel Developer Forum. Prosesor ini digunakan versi A1 melangkah dan berlari di 2 GHz. [15]

Intel telah menyatakan bahwa Sandy Bridge prosesor akan mencakup satu set instruksi baru yang dikenal sebagai Advanced Vector Extensions (AVX). Instruksi-instruksi ini merupakan bentuk lanjutan dari SSE . Jalur data melebar dari 128 bit ke 256 bit, batas instruksi dua-operan meningkat menjadi tiga operand, dan data lanjutan penataan ulang fungsi disertakan. AVX cocok untuk-point-intensif aplikasi mengambang. [17] Fitur baru termasuk beban masker, permutes data, peningkatan efisiensi dan mendaftar penggunaan beban paralel, serta ukuran kode lebih kecil. Perbaikan ini memungkinkan CPU dengan AVX untuk melipatgandakan kinerja FLOPS dibandingkan dengan CPU hanya mendukung instruksi SSE4 . Sandy Bridge juga akan memiliki extensible baru awalan menyusahkan opcode .

Selain itu, Sandy Bridge prosesor akan mengimplementasikan fitur keamanan yang mencakup kemampuan untuk menonaktifkan remote PC atau menghapus informasi dari hard drive tanpa izin dari operator saat ini PC. Hal ini dapat berguna dalam kasus PC hilang atau dicuri.Perintah dapat diterima melalui sinyal 3G, ethernet, atau koneksi internet. enkripsi AES akan tersedia untuk kedua konferensi video dan aplikasi VoIP.

Overclocking

Overclocking dari socket-1155 prosesor kompatibel melalui memodifikasi default 100 MHz clock speed dasar sangat terbatas, mungkin sekitar hanya 2-3% paling banyak, karena pabrik mengintegrasikan clock generator tunggal untuk mengontrol kecepatan semua bus listrik.Oleh karena itu, mengunci clock dasar (Bclk) dari pembangkit clock harus dilakukan untuk mencegah komponen perangkat keras lain dari gagal untuk bekerja. Namun, Intel akan memungkinkan overclocking melalui memodifikasi unlocked clock multiplier hingga 57 kali kecepatan base jam, yang akan tersedia dalam edisi-K prosesor.

Sebuah baru-baru ini melaporkan overclocking dari arsitektur Jembatan Sandy muncul dalam sebuah artikel oleh ZD Net pada tanggal 15 September 2010. Mereka 2600K Core i7 chip (dimana “K” menunjukkan prosesor memiliki unlocked multiplier, yang memungkinkan untuk overclocking) mampu beroperasi pada 4,9 GHz menggunakan solusi pendingin udara. Ini mendapat perhatian beberapa orang sebagai 4,9 GHz mungkin membutuhkan air atau pendinginan yang lebih baik. Liquid Nitrogen Overclocking telah membantah bahwa itu mungkin bukan demo kinerja yang akurat, mengatakan “tidak demo dimana sistem ini menekankan semua core dan benang, dan itu bukan pernyataan mengkonfirmasikan ini dapat dipertahankan selama 24 × 7 operasi. Liquid Nitrogen Overclocking telah menunjukkan contoh dari Intel Sandy Bridge i7-2600K pada 4,5 GHz di-P67A UD7 (tidak grafis) motherboard Gigabyte, dan i5-2500K di 4.2 GHz menggunakan H67MA-UDH2 motherboard Gigabyte. Semua rincian lainnya masih belum diketahui.

sumber : en.wikipedia.org

AMD Bulldozer

seperti yang dilansir suaramerdeka.com :

AMD baru-baru ini berencana membuat arsitektur prosesor baru yang disebut-sebut bernama Bulldozer dan Bobcat. Bulldozer ditujukan untuk performa tinggi sedang Bobcat diperuntukan bagi perangkat berukuran kecil.

Bulldozer dirancang dengan teknologi SOI 32nm terbaru. Teknologi ini diraih dengan kinerja dan kemampuan pengembangan tinggi yang cocok dengan pasar server dan klien besar. Teknologi dengan performa tinggi ini akan hadir pada produk chip keluaran 2011 dengan desain baru.

Sedang rancangan Bobcat ditujukan untuk versi x86 yang efisien dengan daya rendah. Arsitektur ini ditujukan bagi perangkat portabel. Teknologi ini akan hadir di tahun 2011 pada chip APU AMD yang disebut dengan Ontario. Chip ini memiliki performa sebesar 90% kemampuan CPU notebook namun dengan daya separuhnya saja.

Spesifikasi

  • Dua erat, “konvensional” x86 out-of pemrosesan order mesin-yang bernama AMD internal modul
    (Single-Modul ==> Dual-Core, Dual-Modul ==> Quad-Core, Quad-Modul ==> Octa-Core dll ..) keluarga Bulldozer akan memberikan tekanan pada multithreading dan inti terlalu banyak
  • Antara 8MB untuk 16MB cache L3 di antara semua Modul pada silikon yang sama mati
  • Native DDR3-1866 Memory Support 8MB L3 Cache PLUS DDR3-1866 Dukungan Native
  • Dual Channel DDR3 Integrated Memory Controller (Dukungan untuk PC3-15000 (DDR3-1866)) untuk Desktop, Quad Channel DDR3 Integrated Memory Controller (dukungan untuk PC-15000 (DDR3-1866) dan Terdaftar DDR3) untuk Server / Workstation (Baru Opteron)
  • Cluster Multi-threading (CMT) Teknologi [7]
  • Bulldozer modul [8] [9] adalah sebagai berikut:
    • sampai dengan 2048kB L2 cache dalam setiap modul (dibagi antara inti dalam modul)
    • 16kB 4-arah L1 data cache (cara-diprediksi) per dan 2-arah core L1 cache 64KB instruksi per modul, salah satu cara untuk masing-masing dua core [10] [11] [12]
    • Dua core integer berdedikasi
      – Masing-masing terdiri dari 2 ALU dan 2 AGU yang mampu untuk total 4 aritmatika independen atau operasi memori per clock per core
      – Penjadwal integer duplikasi dan pipa pelaksanaan didedikasikan menawarkan perangkat keras untuk masing-masing dua benang yang secara signifikan meningkatkan kinerja dalam aplikasi integer multithreaded
      – Inti meningkatkan integer kedua modul mati Bulldozer sekitar 12%, yang pada tingkat chip menambahkan sekitar 5% dari ruang mati total [13]
    • Dua simetris 128-bit FMAC ( fused kali-add (FMA) kemampuan) Floating Point Jaringan Pipa per modul yang dapat dikelompokkan menjadi satu-bit unit lebar 256 besar jika salah satu core integer AVX pengiriman instruksi dan dua x87/MMX/SSE simetris mampu FPPs untuk kompatibilitas dengan perangkat lunak non-dioptimalkan SSE2
  • 32nm SOI proses dengan menerapkan generasi pertama GF High-K Metal Gate (HKMG)
  • Dukungan untuk masa depan Intel’s Advanced Vector Extensions ( AVX ) set instruksi, yang mendukung operasi 256-bit floating point, dan SSE4.1SSE4.2AESCLMUL , serta masa depan-bit 128 set instruksi yang diusulkan oleh AMD ( XOPFMA4 dan CVT16[14], yang memiliki fungsi yang sama dengan SSE5 set instruksi sebelumnya diusulkan oleh AMD, tetapi dengan kompatibilitas ke AVXskema pengkodean.
  • Teknologi Hyper Transport rev. 3.1 (3,20 GHz, 6.4 GT / s, 51,6 GB / s, 16-bit downlink uplink/16-bit) [pertama kali diimplementasikan ke HY-D1 revisi “Magny-Cours” pada G34 platform Opteron soket pada Maret 2010 dan “Lisbon “ pada platform Opteron C32 soket pada bulan Juni 2010]
  • Socket AM3 + (AM3r2)
    – 938pin, DDR3 dukungan ()?
    – Hanya akan mempertahankan kompatibilitas mundur dengan AM3 Socket prosesor sebelumnya (“AM3 baru + soket untuk versi konsumen Bulldozer CPU motherboard AM3. prosesor akan bekerja di + AM3 soket, tetapi Bulldozer akan chip tidak bekerja non-AM3 +”) . Untuk segmen server Socket G34 (LGA1974) dan Socket C32 (LGA1207) akan digunakan.
  • Min-Max Power Penggunaan – 10-125 watt

sumber : en.wikipedia.org

Hmm nampaknya cukup menarik untuk mengikuti perkembangan selanjutnya dari prosesor prosesor baru tersebut😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: